Animasi Tradisional
A. Pengertian Animasi Tradisional
Animasi Tradisional adalah teknik
animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional
juga dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan
tangan iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi tradisional
merupakan proses yang digunakan untuk filem-filem animasi yang paling
lama iaitu pada abad ke-20.Bingkai individu filem animasi tradisional
adalah gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis di atas
kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza sedikit
daripada yang sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau salinan ke
helaian telus yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat dengan
warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan
lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke
filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Mengapa disebut dengan animasi tradisional
Disebut
dengan animasi tradisional karena animasi ini memiliki teknik yang
digunakan saat pertama kali film animasi itu bermunculan. Untuk
menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang
sebelumnya. Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di
kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat
dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti gambar
karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu per satu dalam filem
yang latar belakangnya sudah di cat.Contoh A.T
Yang menjadi contoh Animasi Tradisional seperti
animasi pada film
- Pinocchio (Amerika Serikat, pada tahun1940),
- Animal Farm (United Kingdom, 1954), dan
- Akira (Jepun, 1988).
Film-film animasi tradisional yang
dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk didalamnya animasi
The Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)
(Jepun, 2001), dan Les Triplettes de Belleville (2003). Film animasi
sepenuhnya boleh dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja animasi
yang lebih realistik seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney
(Beauty dan Beast, Aladdin, Lion King) kepada gaya yang lebih ‘cartoony’
orang-orang yang dihasilkan oleh Warner Bros animasi studio.
Tipe A.T
Cel animation- Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya
- Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang
- Bina Nusantara digantikan oleh layer-layer digital
- Path animation
- Menggerakkan obyek di layar di sepanjang jalur yang telah ditentukan
Jenis A.T
a. Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak.
Awal [rujukan?] Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi
oleh penemu Ting Huan produktif (丁 缓). Terbuat dari kertas tembus atau
panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik
baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar dilukis di
panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada kecepatan
yang tepat [5] [6] [7] [8]. Para zoetrope modern diproduksi pada tahun
1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah
silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian
dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan
celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui
celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam
program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.b. Lentera ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16 [rujukan?]. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.
c. Thaumatrope (1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string adalah memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus merasakan gambar. Penemuan adalah dikreditkan beragam [rujukan?] Charles Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris diketahui telah digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke Royal College of Physicians.
d. Phenakistoscope (1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer Austria.
e. Sandal buku (1868)
Buku Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah buku sandal dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.
f. Praxinoscope (1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.
Cara Kerja A.T
Cel
animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu set
gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang
sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan
tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas.
Lembar jelas adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk
menggambar frame. Sekarang menggambar garis besar untuk foto-foto dan
pewarnaan mereka pada kembali dari cel tersebut. Cel merupakan metode
yang efektif yang membantu untuk menghemat banyak waktu dengan
menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga memungkinkan untuk
menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang lain atau
cels setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar gambar
yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi
sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai
latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar,
karena mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan shading dan
pencahayaan dan dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama. Kemudian
gunakan kamera digital Anda untuk memotret gambar-gambar ini. Sekarang,
animasi cel dibuat ekstra menarik melalui penggunaan gambar-gambar
bersama dengan musik, efek suara dan pencocokan asosiasi waktu untuk
setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini kartun, 10-12 frame yang
dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk menawarkan ilustrasi gerak
dalam sebuah animasi cel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar